Selasa, 10 Maret 2015



Perbedaan

Mengapa Tuhan menciptakan perbedaan ?

Perbedaan-perbedaan yang ada di dalam kehidupan seringkali membuat manusia membenci dan tidak menyukai satu sama lain. Perbedaan tersebut bagaikan membuat sebuah jurang pemisah dan mempersulit manusia untuk saling mengasihi satu sama lain.

Tidak semua manusia menyadari bahwa perbedaan seharusnya bukan dijadikan alasan untuk bermusuhan tapi perbedaan seharusnya disyukuri dan dijadikan sarana untuk melatih diri untuk menjadi lebih rendah hati.

Bukankah Tuhan pula menciptakan perbedaan-perbedaan sewaktu Dia menciptakan alam semesta ini. Kita tidak bisa menyangkali bahwa ada laki-laki dan perempuan, ada siang dan malam, ada panas dan dingin, ada panjang dan pendek, ada besar dan kecil, dan lain sebagainya – namun kita lihat bahwa semua itu dapat berjalan dengan harmonis dan Tuhan menganggap perbedaan-perbedaan itu indah.

Ironisnya perbedaan pandangan politik, perbedaan suku, ras dan agama di dalam masyarakat masih seringkali dijumpai dijadikan alasan utama bagi sebagian orang untuk saling bermusuhan.

Kerendahan hati dan kesadaran sebagai makhluk sosial perlu ditanamkan ke dalam diri setiap manusia agar menyadari perannya bahwa kita tidak bisa hidup sendirian, pertentangan selalu ada dalam setiap saat, menjadi egois dan ekslusif tidak akan menghasilkan buah yang baik.

Kedamaian dalam hidup akan tercapai bila seluruh umat manusia dapat bersinergi melaksanakan toleransi terhadap sesama. Tidak lagi mempermasalahkan dari golongan mana mereka berasal, memahami bahwa kita semua adalah ciptaan dari Tuhan yang sama, kita adalah saudara..

Semoga dengan penjelasan ini anda dapat memaknai perbedaan..




Tidak ada komentar:

Posting Komentar